Pages

Jumat, 15 Oktober 2010

Yang Kujalani….

Hy semua, apa kabarnya? semoga kita semua dalam keadaan sehat dan senantiasa selalu bersyukur. Amin. Maaf sudah begitu lama halaman ini tak terurus, akhir-akhir ini emang lagi banyak tugasnya dan rasanya sulit banget meluangkan waktu untuk menulis dihalaman ini tapi Alhamdulillah setalah melihat blog  seseorang jadi termotivasi kembali untuk menulis. :)
  
Ehmm, kali ini judulnya yang “Ku Jalani…” ya,,ya,,kali ini saya hanya akan bercerita kesibukan apa yang sedang saya jalani sekarang sampai2blog ini tak terurus.  Alhamdulillah saya sekarang sudah semester 5 di program study pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.  Wah tak menyangka udah masuk tahun ketiga, mudah-mudahan 1,5 tahun lagi bisa lulus. Amin (doakan ya teman2). Awal semester  5 dimulai dengan perasaan sedih dan kecewa bahkan tak bersemangat karena semester 5 ini saya hanya bisa mengambil 21 sks (hiks), semua yang saya rencanakan di semester 4 untuk ambil mata kuliah atas tak terlaksana bahkan mata kuliah pokok di semester 5 ada yang gak bisa saya ambil..(hiks…hiks…)

Perasaan sedih kecewa dan frustasi itu Alhamdulillah tidak berlarut-larut, saya berusaha berpikir positif di tambah dengan masukan dari teman2. Saya yakin ada hikmah dibalik ini semua mungkin Allah ingin menguji kesabaran saya, menguji kebesaran hati saya, menguji keikhlasan saya, menguji rasa bersyukur saya, mungkin jg Allah ingin saya jangan terlalu sibuk di semester ini (maklum saya suka sakit kalau kecapek’an), hanya Allah yang tahu…

Akhirnya saya hanya mengambil 20 sks di semester ini mata kuliahnya antara lain, Telaah Buku Teks 2 sks, Fisika Modern 4 sks, Gelombang 3 sks, Evaluasi pembelajaran 4 sks, Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Fisika 2 sks, Laboratorium Fisika 2 sks dan terakhir Alat-Alat ukur 2 sks. Apa yang terlintas di pikiran teman2 setelah melihat mata kuliah2 itu? Tentu berbeda-beda ada yang bilang susah ada yang bilang mudah tergantung bidangnya masing-masing. Sekilas mata kuliah itu tidak terlalu berat karena mata kuliah tidak begitu di dominasi oleh bagian yang bersifat matematik atau berhitung, antara bagian pendidikan dan fisikanya seimbang, tidak seperti semester sebelum-sebelumnya yang di dominasi oleh fisikanya. Eits,,jangan salah ternyata mata kuliah bagian pendidikan sama sulitnya dengan fisika, mungkin lebih sulit (waduh,,waduh,,gmn mau jadi guru yang benar ni,,hee). Ya,,ya,,mungkin saya belum terbiasa saja, baiklah coba saya uraikan satu persatu mata kuliah tesebut sebatas sampai yang saya jalani sekarang.

1.      1. Telaah Buku Teks

Mata kuliah ini dibimbing oleh dosen kami namanya Pak Syuhendri, beliau master pendidikan. Dari nama mata kuliahnnya aja pasti temen2 udah bayangin apa yang kami lakukan di mata kuliah ini. Yups,, gak salah lagi menelaah buku teks siswa-siswa SMP SMA. Mulai dari membuat makalah mengenai pengertian buku teks, bahan ajan, buku ajar, hubungan komponen pembelajaran dengan buku teks, sampai cara menelaah buku teks, kemudian diadakan diskusi panel. Di mata kuliah ini saya sekelompok dengan Yulisa Hardiyani, Ragil Mery Yaniska, Rio Juwanda dan Kom Kom.

2.      2. Fisika Modern
Mata kuliah ini dibimbing oleh dosen kami namanya Pak Imron. Meskipun mata kuliah ini kelihatannya sulit tapi belajar dengan beliau dibawa gak sulit. Materi-materi yang kami pelajari memang susah ada teori relativitas khusus, gejala kuantum, model-model atom, molekul, fisika zat padat, fisika statistic, fisika inti. Kami disini membuat modul sesuai pokok bahasan yang telah dibagi dan kemudian di persentasikan. Di mata kuliah ini saya sekelompok dengan Indah Febryanta, Mega Kurnia dan Boby.

3.      3. Gelombang
Awalnya mata kuliah ini di bimbing oleh Pak Apit Fathurrohman, tapi setelah mid semester nanti akan digantikan oleh Pak Sudirman. Semasa belajar dengan pak Apit kami di suruh bikin Mind Mand mengenai Gelombang kemudian mindmap tersebut di kembangkan untuk di buat menjadi modul gelombang (wah modul lagiiiiii), susah bikin modulnya apalagi kalau yang ngerjakan cuma sedikit tp Alhamdulillah akhirnya modul itu  udah selesai, makasih sobat semoga semua yang kita lakukan kemarin2 ad hikmahnya dan menjadi ladang pahala bagi kita. Sekarang mata kuliah ini baru di bombing sama Pak Sudiraman, beliau master sains lulusan ITB. Di mata kuliah ini saya sekelompok dengan Ragil Merry Yaniska, Tony Irawan, Ferry Irawan,dan Tety Septiana.

4.      4. Evaluasi Pembelajaran dan Dasar-dasar proses pembelajaran 
Dua Mata kuliah ini dibimbing sama Pak Yusuf, beliau master pendidikan juga, ada 7 sks nilai kami di tangan Pak Yusuf, wah lumayan banyak itu, semoga bapak dibukakan pintu hatinya dalam memberi  nilai nantinya, AMin..(^_^). Dalam mata kuliah Evaluasi pembelajran kami mempelajari  seputar assesmen, dari  membuat indikaot, membuat soal, dan membuat makalah-makalah juga. Saya sekelompok dengan Yulisa Hardiyani dan Tsintani Hasanah. 
Kalau mata kuliah dasar-dasar proses pembelajaran fisika kami membahas mengenai hakikat-hakikat pendidikan IPA, teori-teori belajar, ktsp, keterampilan proses dan generic sainsa, peta konsep, dan analisis konsep.  Saya sekelompok dengan Sri Mustika dan Rindi Antika.
Di dua mata perkuliahan ini kami di kasi banyak tugas, setiap akhir perkuliahan kami di kasi tugas dan di kumpul sebelum perkuliahan selanjutnya melalui email,
Kalau di perkuliahan ini saya suka sekali, Pak Yusuf menginginkan setiap mahasiwi mesti pake rok, pakaian yang sopan, yang ikhwan duduk di barisan depan, terus kelompok antara ikhwan dan akhwat di pisah, disiplinnya juga bagus saya suka itu, temen2 saya terlihat cantik-cantik kalau mata kuliah bapak ini…^_^

5.      5. Laboratorium Fisika
Mata kuliah ini di bimbing sama pak Sudiraman, beliau dosen yang tegas dan pintar. Dalam mata kuliah ini kami memahami konsep laboratorium fisika baik itu di sekolah maupun di universitas, dan baru-baru ini kami baru mengerjakan tugas tinjauan laboratorium fisika di sekolah-sekolah di Palembang. Saya sekelompok dengan Sarwenda Desmilia, makasih y ukh.. ^_^

6.      6. Alat-alat Ukur
Mata kuliah ini juga dibimbing sama pak Sudirman. Disini kami berdiskusi mengenai alat-alat fisika. Kelompok saya mengambil topic mengenenai alat sensor getar sederhana. Ehm,,mulanya kami mengambil topic alat pyranometer tapi karena keterbatasan sumber informasi dan kami tidak begitu memahami prinsip kerja alat ini, akhirnya kami ganti menjadi sensor getar sederhana. Awalnya saya tidak sengaja buka-buka situs fisika, akhirnya saya temukan alat ini sensor getar sederhana, terlintas di pikran saya wah kira2 bagus gak ya kalau dijadikan bahan seminar fisika nanti???? Tapi seminar insyaAllah semetr 6 nanti jadi sementara saya pakai aja buat materi alat-alat ukur, sambil di bahas juga sama teman-teman dan Pak Sudirman, klo toh jadi saya ambil topic ini di seminar nanti setidaknya saya udah punya sedikit bekal. Untuk ukhti Sarwendah gpp ya kalau nantinya sensor getar sederhana ini saya jadikan bahan seminar,saya tertarik ingin membikin alatnya tentunya dengan bantuan orang lain jg,hheee.
Alhamdulillah persentasi kami udah dan kata temen2 bagus (masak si??). Ya mungkin alat yang kami jelaskan itu lengkap mulai dari pengertian, konsepnya, prinsipnya,cara kerjanya, jenisnya dan lain sebagainy membuat teman2 jadi lebih mudah memahaminya dan juga tidak lepas dari bimbingan dan arahan dari Pak Sudirman. Alahmdulillah, dengan modal kenekatan kami udah maju dan gak di suruh ngulang, habis temen2 yang lain banyak yang di suruh ngulang.

Ya itulah yang sebagian kujalani dari awal semester 5 sampai sekarang,
semakin ke atas semakin sulit dan semakin sibuk tapi gpplah namanya juga mahasiswa, “ segala sesuatu perlu perjuangan Allah senang kepada hamba Nya yang belajar sungguh-sungguh dan Iklhas..”
Semangat Fitri…!!!!


bagi temen2 yang sudah menyempatkan waktu membaca postingn ini makasih byk ya,
Oh iya bagi teman1 yang mau kita saling berbagi ilmu bisa melalui email saya fitriyani_fisika@yahoo.co.id
Mohon bantuannya ya teman2 khususnya mengenai bahan seminar saya tadi,,heee.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar