Pages

Minggu, 08 Mei 2011

Hans Albert Einstein

Dari tadi yang kita bahas teori-teori tentang relativitas terus, yuk kita bahas bagaimana sejarahnya oppa Einstein menemukan teorinya ^_^


Sejarah Singkat

            Albert Einstein lahir pada hari Jumat tanggal 14 Maret 1879 di Ulm di W├╝rttemberg, Jerman; sekitar 100 km sebelah timur Stuttgart. Pada tahun 1896 Einstein lulus dari SMA Aarau Swis, karena nilai-nilai ijazah nya sangat memuaskan maka ia dapat mendaftar langsung ke Insitut Teknologi di Zurich tanpa mengikuti ujian masuk. Tahun 1905 adalah tahun yang penuh keajaiban bagi Einstein, dalam usia 26 tahun ia menerbitkan tiga makalah dalam jurnal Annalen der physik. Makalah pertama tentang kuantum cahaya, kedua tentang bukti keberadaan atom dan ketiga tentang teori relativitas khusus. Pada tahun 1915 Einstein menerbitkan sebuah versi teori relativitas yang baru dan jauh lebih rumit yang sekarang dikenal sebagai teori relativitas umum. Sampai akhir hayatnya Einstein tidak pernah berhenti berpikir. Ia meninggal dunia pada pagi hari tanggal 18 April 1955 di Princeton.

Latar Belakang
            Ide penemuan einstein tentang relativitas ini berasal dari masalah optik pada benda-benda yang bergerak. Cahaya merambat dalam lautan ether dan bumi bergerak dalam ether yang sama. Oleh karena itu gerakan ether haruslah dapat diamati dari bumi. Namun Einstein tidak pernah menemukan satu bukti pengamatan aliran ether tersebut di dalam literatur fisika. Einstein  sangat terdorong untuk membuktikan aliran ether relatif terhadap bumi, dengan kata lain gerakan bumi di dalam ether. Pada saat itu Einstein sama sekali tidak meragukan eksistensi ether serta gerakkan ether tersebut. Sebenarnya Einstein mengharapkan kemungkinan pengamatan pada perbedaan antara kecepatan cahaya yang bergerak searah dengan gerakan bumi dan cahaya yang bergerak berlawanan (dengan bantuan pantulan cermin). Ide Einstein dapat direalisasi dengan menggunakan sepasang termokopel untuk mengukur perbedaan panas atau energi mereka. Ide ini mirip dengan eksperimen interferensi Albert Michelson, namun saat itu Einstein  tidak begitu familiar dengan eksperimen Michelson. Einstein  berkenalan dengan hasil-nihil (null-result) eksperimen Michelson saat itu Einstein  masih mahasiswa dan sejak saat itu Einstein sangat terobsesi dengan ide nya. Secara intuisi Einstein merasakan bahwa jika kita menerima hasil-nihil tersebut maka ia akan mengantarkan kita pada satu kesimpulan bahwa pandangan kita tentang bumi yang bergerak di dalam ether adalah salah. Ini adalah langkah pertama yang menarik Einstein ke arah teori relativitas khusus. Sejak saat itu Einstein  mulai yakin bahwa jika bumi bergerak mengelilingi matahari maka gerakannya tidak pernah dapat dideteksi dengan eksperimen yang menggunakan cahaya. Kemudian Einstein melakukan Penganalisaan terhadap teori Issac Newton, Menurut Newton waktu dan ruang mutlak sedangkan cahaya relatif, Einstein menyatakan bahwa pernyataan Newton tersebut nol.

Untuk lebih jelasnya mengenai Sejarah Hans Albert Einstein bisa download power pointnya disini atau wordnya disini
Dan untuk materi kita kali ini mengenai relativitas khusus bisa download pdf nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar