Pages

Minggu, 01 Mei 2011

Postulat Relativitas Khusus

Siapa sih yang nggak kenal Einstein? Orang yang dulunya di kira gila ini ternyata semua perkataannya benar dan orang yang mengatakan gila itu salah. Kenapa kita musti takut kalau keluar jalur atau sering disebut orang yang tidak umum. Itu semua tergantung pilihan kalian tapi saya adalah termasuk orang yang bisa dikatakan gila tersebut (maaf bukannya sombong tapi memang khayalan saya memang suka aneh diluar nalar meskipun saya tidak yakin 100% itu benar)

Oke deh cukup pembukanya sekarang kita akan membahas tentang teori relativitas yang menghebohkan dunia ilmu pengetahuan, bahkan adanya tentang kemungkinan perjalanan waktu yang mungkin bagi orang (pada umumnya) itu sangat sangat sangat tidak mungkin dilakukan.

Contoh mudahnya kalian cukup lihat dan perhatikan video di bawah ini:


Sudah cukup jelas kan? teori relativitas ini sebenarnya adalah khayalan/imajinasi yang ada pada semua benak manusia tetapi tidak semua manusia bisa menerima kenyataan bahwa teori ini adalah mungkin.

kunci dari teori ini sebenarnya adalah kecepatan, jika didalam video kalian susah memahami bayangkan 1 pesawat diam dan 1 pesawat bergerak 1,5x lebih cepat dari kecepatan cahaya maka yang di lihat oleh pesawat diam adalah kecepatan cahaya sedangkan yang di lihat oleh pesawat bergerak adalah 1.5x kecepatan cahaya atau bisa dikatakan dia bergerak 1.5x kali lebih cepat dari 1 kecepatan cahaya.

Artinya pesawat bergerak bisa menuju ke masa depan 0.5x lebih cepat.dari pesawat diam dan artinya kemungkinan perjalanan waktu sangat masuk diakal (meskipun hingga saat ini tidak ada alat yang bisa membuktikan keberanan teori ini). Begitu juga sebalikanya jika kecepatan di perlambat maka kemungkinan perjalanan waktu ke masa lampau bisa dilakukan. ini hanya contoh teori relativitas yang sangat simple tetapi bukan tidak mungkin ini adalah mungkin.

Jujur saja saya percaya dan sangat amat yakin teori ini benar, cuma mungkin belum ada alat yang bisa membuktikan kebenaran teori ini kita tunggu saja mungkin 1.000 tahun 1.000.000 tahun atau bahkan tak tehingga teori ini pasti akan terbukti

Jadi dapat kita simpulkan bahwa teori relativitas khusus memiliki dua postulat, yaitu : 
Postulat Pertama

Hukum fisika dapat dinyatakan dalam persamaan yang berbentuk sama dalam semua kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan tetap satu sama lain
Postulat ini menyatakan ketiadaan kerangka acuan universal.Jika hukum fisika berbeda untuk pengamat yang berbeda , dalam keadaan bergerak relative, kita dapat menentukan mana yang diam mana yang bergerak.
contoh :
Jika anda mengendarai sepeda motor dengan kecepatan konstan, mana yang dalam keadaan diam, bumi atau motorkah yang diam ?? Sesungguhnya sangatlah benar jika kita menyatakan bahwa motor yang diam sedangkan bumi yang bergerak atau motor yang bergerak sedangkan bumi diam.


Postulat Kedua

Kelajuan cahaya dalam ruang hampa sama besar untuk semua pengamat, tidak bergantung dari gerak pengamat itu

Teori Einstein membawa akibat-akibat yang luas yang terasa bertentangan dengan kejadian sehari-hari.Misalnya, seorang pengamat yang duduk di stasiun kereta api mengamati kereta api yang bergerak 100 km/jam, dalam kereta api itu ada seorang penumpang yang berjalan searah dengan arah gerak kereta api dengan kecepatan 6 km/jam.Menurut pengamat yang duduk di stasiun kereta api, penumpang di dalam kereta api bergerak dengan kecepatan ( 100 + 6 ) km/jam = 106 km/jam.Hasil pengamatan itu sesuai dengan teori Newton.
Bangaimana seandainya kecepatan kereta api sebesar 0,6c dan penumpang diganti dengan kecepatan cahaya yang bergerak dengan kecepatan c(3 x 10^8 m/s)? Gerak cahaya tersebut yang dipandang oleh pengamat yang duduk di stasiun menurut hukum Newton adalah 0.6c + c = 1.6c.Hasil itu tidak sesuai dengan Pstlt II Einstein bahwa :
Kelajuan cahaya dalam ruang hampa sama besar untuk semua pengamat, tidak bergantung dari gerak pengamat itu
Menurut Einstein, perumusan tentang gerak dari Newton perlu diperbaiki apabila gerak benda mendekati kecepatan cahaya.Perumusan tersebut akan dibahas nanti pada sub-bab penjumlahan kecepatan.


Mengerti ??
Kesan pertama yang muncul mungkin sangatlah radikal bahwa si Einstein telah memikirkan konsep relatif dan perumusan untuk benda yang bergerak dalam keadaan mendekati kecepatan cahaya.
untuk lebih jelasnya bisa Klik disini

Kosep relatif dalam kehidupan sehari-hari misalnya, ada seorang wanita dan dua orang pengamat laki-laki si A dan si B.Menurut si A wanita tersebut sangatlah cantik, rupawan dll.Tetapi menurut si B wanita tersebut biasa-biasa saja, nothing too special.Sama halnya pada waktu orang lain yang sedang memperdebatkan soal kebenaran, ada yang bilang itu benar dan ada yang bilang itu salah.Jawaban yang berbeda akan diperoleh dari si pengamat yang berbeda pula karena semua itu adalah relatif

ALL THE THINGS IS RELATIVE !

3 komentar:

  1. Arief Rahman Hudaya2 Mei 2011 00.10

    Ralat:
    Adek maaf, mas ralat trus...^_^'
    Kecepatan cahaya itu 3 x 10 pangkat 8 m/s. Mungkin salah ketik aja, tp klo dibiarkan bisa menimbulkan kebingungan. Mungkin klo ga bs superscript, pake tanda ^ (caping) aj, jadi 3 x 10^8 m/s.

    BalasHapus
  2. oh ya, makash y mas udah di perhatikn trus blognya..^_^

    BalasHapus