Pages

Senin, 31 Januari 2011

Sepanjang Jalan Kenangan


Sengaja aku datang ke kotamu
Lama nian tidak bertemu
Ingin diriku mengulang kembali
Berjalan jalan bagai tahun lalu

***

Sebenarnya tujuan postingan kali ini mau cerita perjalanan PKL 9 hari yang lalu, tapi berhubung judulnya Sepanjang Jalan Kenangan ya kutulis sedikit lirik lagunya, ^_^'. Yuk kita langsung ke pokok bahasan (kayak mau ngajar aja, hee), PKL kami fisika 2008 dimulai pada tanggal 16-24 Januari 2011, Kunjungan kami ada tiga kota yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta ^_^.

Hari pertama ke Jakarta, wah,,wah,, ni kota orangnya pada berlomba2 bikin gedung bertingkat ya? Sepanjang jalan utamanya berdiri banyak gedung pencakar langit aku terbengong2 aja lihatnya (kayak wong deso saja,hee). Ehmm,,tapi bengongnya sambil geleng-geleng juga, ya aku merasa pembangunan seperti itu malah berdampak buruk bagi Bumi kita (pemanasan global, banjir dll) T.T

Sesampainya di jakarta subuh hari kami langsung saja menuju Masjid Istiqlal, subhanallah begitu indah rumah Mu ya Rabb. Selesai mandi solat di istiqlal kami langsung menuju kampus UI, kami begitu semangat jadinya sampai di kampus dengan warna almamater sama itu lebih cepat satu jam dari jadwalnya, Ehmmm,,,kampusnya gak beda jauh sama kampus kami banyak hutan-hutannya, hee tapi yang ini lebih asri dan indah hutanya, wah kunjungan pertama yang begitu menyenangkan kami disambut hangat oleh mehasiswa2 dan dosen2 disana, walaupun mereka lebih dari kami tapi mereka menganggap kami sama kita adalah FISIKA. Hidup Fisika, hee

Selanjutnya kami langsung menuju TMII, wah suka sekali kesini liat replikanya peta Indonesia yang di danau itu, apik tenan ^_^
Keesokkan harinya kami menuju BATAN yang di Serpong, wah alatnya pada canggih2, eh kami malah takut sama radiasi, tapi untungnya bapak2 yang ngejelasin baik2 jadinya kami gak merasa takut lagi, kami enjoy disana walaupun sangat melelahkan. Ehmm,,aku tak jelasin sedikit ya BATAN adalah Badan Tenaga Nuklir Nasional berdiri sejak tahun 1958 pada masa pemerintahan Pak Harto, Batan sendiri ada 3 lokasi selain pusatnya yang di Jakarta, satu di jakarta, satu di Bandung dan satunya lagi ada di Yogyakarta ^_^

Nah,, kalau yang di Serpong ada dua tempat utama yaitu tempat pembuatan reaktor sama pengolahan limbanya. Reaktor itu digunakan untuk menghasilkan radioisotop, dari reaksi antara elektron dan uranium yang mengalami pembelahan sehingga menghasilkan produk berupa energi panas. Ehmm,, sebenarnya reaktor itu ada dua jenis yang pertama reaktor riset yang mana Neutron dimanfaatkan sedangkan energi panas diabaikan dan satunya lagi reaktor daya kebalikan dari reaktor riset yang mana energi panasnya yang dimanfaatkan, nah yang inilah dikenal PLTN, tapi sayangnya negara kita belum ada, belum ada ancang2 untuk mengembangkan PLTN (hiks..hiks..) padahal PLTN sebagai alternatif dari sumber listrik, kita ketahui negara kita kan berpenduduk sangat banyak dan pastinya memerlukan energi listrik yang banyak, kalau kita cuma mengandalkan PLN ya beginilah jadinya sering pemadaman listrik, kadang listrik juga dinaikkan tarifnya hal itu karena energi penghasil listriknya udah berkurang. Ayo generasi muda Indonesia mari kita mulai mengenal Nuklir sebagai alternatif energi, ayo ayo siapa yang mau memulai,,heee

***

Selepas dari Batan sebenarnya mau ke Mekar Sari tapi karena waktunya gak cukup keasyikan di Batan jadi Mekar Sarinya di cancel,  Hari Rabu 19 Januari kami jalan2 di Bandung wah panorama dan udaranya sejuk banget, pengen lagi kesana ^_^. Kunjungan pertama kami di Bandung adalah Tangkuban Perahu, subhanallah sangat indah serasa di luar negeri, hee.. siangnya kami belanja2 di cihampelas dan cibaduyut. Satu hal yang sangat membuat aku terkesan orangnya itu lho di Bandung pada ramah2 n lembut2 ngomongnya, suka sekali,,^_^ kami belanja nawar sampe rendah banget mereka gak marah, beda sekali sama di palembang >.< .
Keesokan harinya kami ada pelatihan di ITB, wah disini bener2 kampusnya Fisika,,duh..duh.. gak ngudeng saya disana orangnya pada kelihatan pinter semua, gak tertarik saya untuk lanjut kesana, (serasa mudah di terima di ITB hee). Pelatihannya tentang mikrokontroler, sebenarnya itu lebih mengarah ke Elektronika Instrumentasi tapi gak papalah kami pelajri setidaknya tahu2 sedikit jadi gak malu2in nantinya, hee

 ***

Jumat, 21 Januari 2011 akhirnya salah satu impian ku terwujud, tak di sangka aku sudah berada di kota impian ku Jogjakarta . I Love Jogja (kayak tulisan di kaos yang aku beli waktu itu ^_^). Disini kami full jalan2 lho,hee.  Hari pertama kunjungan kami adalah ke Borobudur, subhanallah arsitektur yang begitu indah, aku terus mikir n lihat2 bebatuannya gimana ya cara bikinnya ni candi, gimana nempeli n batu2nya, katanya pake putih telur gak pake semen. Ah, udahlah mikirinnya mending aku foto-foto dan belanja2, hee. Masih gak nyangka berada di jogja, selanjutnya ke Malioboro ^_^

Keesokkan harinya kami mengunjungi kraton, wah disana terasa banget kentalnya adat Jawa daerah-daerah kraton gitu ada sultanya juga kayak masa kerajaan gitu jadinya, pkoknya seneng deh disana ^_^
Wisata dilanjutkan ke kota gede tempat pembuatan perak, waduh pada mahal-mahal harganya padahal pengen, hee….Selanjutnya ke Parangtritis subhanallah begitu indah, beru pertama kali ke pantai ^_^’. Tapi itu perjalanan terakhir di jogja, hiks..hiks,,, semoga suatu saat bisa berkunjung kesini lagi masih banyak yang ingin ku kunjungi……

***

Akhir perjalanan kami adalah bermain-main di Ancol dan Dufan, wah gak nyagka diriku begitu berani naik tornado, halilintar, hysteria dll klo gak salah 7 wahana permainan yang menyeramkan ku coba,,,Alhamdulillah gak KO di tempat klo gak bisa repot teman2 ku jadinya,,hee
Ya begitulah sedikit cerita PKL 9 hari kemarin yang akan menjadi kenangan tersendiri bagi kami, maaf ya teman2 oleh2 nya cuma cerita ini, senang kan, hee
dan Akhirnya aku sampe di Palembang 24 Januari pulang dalam keadaan KO, hee

2 komentar:

  1. Arief Rahman Hudaya26 April 2011 20.20

    Ralat:
    Elins=Elektronika dan Instrumentasi
    bukan Elektronika Instrumental
    Instrumental lebih cenderung ke alat2 musik
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. oh ya maaf, nanti diperbaiki mas..

    BalasHapus